Jakarta – PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (Marein) menyelenggarakan Executive Meeting dengan tema Capital Solution/Financial Reinsurance yang diselenggarakan pada Selasa (14/3) di Merchantile Athletic, Jakarta. Acara yang dihadiri oleh CEO, COO dan aktuaris beberapa perusahan asuransi jiwa ini,  juga menghadirkan Keynote Speech yakni Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK, Bapak Firdaus Djaelani.

Presiden Direktur Marein, Bapak Robby Loho mengatakan dalam sambutannya tema ini cukup menarik karena untuk Financial Reinsurance/Finre merupakan hal yang baru di Indonesia. “Finre belum begitu familiar  di asuransi Indonesia, maka dari itu Marein memfasilitasi diskusi ini,“ ungkapnya.

Adapun Kepala Eksekutif Pengawas IKNB, Bapak Firdaus Djaelani dalam Keynote Speech-nya juga mengatakan Finre bukan hal yang baru di industri perasuransian internasional walau keberadaan mekanisme Finre begitu strategis dengan mempertimbangkan beberapa hal. “Finre dapat dijadikan terobosan baru bagi perusahaan asuransi yang dalam memperluas usahanya sering terkendala masalah permodalan dan di sisi lain juga diharapkan dapat menghasilkan statutory earning dan return on equity (RoE) yang baik,” ungkapnya.

Selain itu Bapak Firdaus Djaelani juga mengatakan dengan adanya Finre dari sisi industri asuransi dan reasuransi secara keseluruhan dukungan dana ini juga diharapkan dapat mendukung program optimalisasi kapasitas reasuransi dalam negeri sehingga dapat mempersempit defisit neraca pembayaran industri asuransi nasional. “Namun perlu Kami tegaskan mekanisme Finre bukanlah sesuatu yang popular di industri kita dan sifatnya lebih kepada upaya sementara bagi perusahaan asuransi untuk dapat memenuhi ketentuan kesehatan keuangan melalui pengalihan eksposur liabilitas kepada pihak reasuradur,” jelasnya lagi.

Hadir juga  dalam acara ini sebagai pembicara dari Munich Re yakni Mr. Maple Lam, Head of Business Development Asia Pacific, Middle East & Africa dan Mr. Graham Bancroft, Head of Structured Solutions Asia Pacific, Middle East & Africa.