Sekretaris Perusahaan

Sekretaris Perusahaan berada di bawah tanggung jawab Direktur Keuangan. Terhitung tanggal 8 Oktober 2015, jabatan Sekretaris Perusahaan dijabat oleh Bonar Siregar, Drs., Psi., AAAIJ.

Profil Sekretaris Perusahaan

Bonar Siregar, Drs., Psi., AAAIJ.

Lahir di Duri – Riau, 15 Maret 1965. Mendapat gelar Sarjana dari Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Jakarta pada Tahun 1990. Menjabat sebagai Kepala Divisi SDM dan Pelayanan Korporasi sejak 1 Juli 2015 dan sejak 8 Oktober 2015 ditunjuk dan merangkap sebagai Sekretaris Perusahaan.

Sebelum bergabung dengan Marein, Bonar Siregar pernah menjabat di berbagai bidang SDM dan Umum di beberapa perusahaan dengan posisi sebagai Kepala Bagian dan Kepala Divisi serta pernah menjabat sebagai Direktur pada salah satu perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab

Sesuai dengan Peraturan OJK No. 35/POJK.04/2014, perusahaan terbuka diharuskan memiliki Sekretaris Perusahaan, dengan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Mengikuti perkembangan Pasar Modal khususnya peraturan perundang – undangan yang berlaku di bidang Pasar Modal;
  2. Memberikan masukan kepada Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik untuk mematuhi ketentuan peraturan perundang – undangan di bidang Pasar Modal;
  3. Membantu Direksi dan Dewan Komisaris dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan yang meliputi:
    • Keterbukaan informasi kepada masyarakat, termasuk ketersediaan informasi pada Situs Web Emiten atau Perusahaan Publik;
    • Penyampaian laporan kepada Otoritas Jasa Keuangan tepat waktu;
    • Penyelenggaraan dan dokumentasi Rapat Umum Pemegang Saham;
    • Penyelenggaraan dan dokumentasi rapat Direksi dan/atau Dewan Komisaris; dan
    • Pelaksanaan program orientasi terhadap perusahaan bagi Direksi dan/atau Dewan Komisaris.
  4. Sebagai penghubung antara Emiten atau Perusahaan Publik dengan Pemegang Saham, Otoritas Jasa Keuangan, dan pemangku kepentingan lainnya.