2018, Marein Cetak Laba Rp 140,9 Miliar

2018MareinCetakLaba140Miliar

JAKARTA – PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein) membukukan laba bersih sebesar Rp 140,9 miliar pada tahun lalu. Perolehan laba tersebut ditopang oleh pendapatan premi yang meningkat 22,7% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 2,2 triliun.


Presiden Direktur Marein Robby Loho menjelaskan, sampai dengan Desember 2018 ekuitas perseroan sebesar Rp 1,4 triliun. Sepanjang tahun lalu, perseroan telah menunjukkan kinerja yang optimal dengan berbagai upaya positif, antara lain peluncuran portal M-Bizz dan terus meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang diakomodasi oleh Marein Learning Centre (MLC).


Perseroan juga berhasil meningkatkan peringkat yang diberikan Fitch Ratings menjadi BB+ untuk skala internasional dan mempertahankan AA- untuk nasional.


“Kami menyadari bahwa persaingan industri perasuransian menjadi semakin ketat dan memberikan tantangan tersendiri dengan kehadiran competitor baru serta polemik engineering fee,” ungkap Robby dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Kamis (23/5).


Selain itu, rentetan bencana alam yang melanda Indonesia sepanjang tahun 2018 membuat jumlah klaim meningkat tajam, serta kinerja hasil investasi asuransi jiwa dan umum pun menurun. Meski demikian, Marein optimistis kinerja perseroan tumbuh lebih baik lagi pada tahun ini.


Di samping itu, dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) disetujui adanya perubahan pengurus Marein, yakni pengangkatan Sutadi sebagai komisaris dan Fanra Budiman Arief sebagai direktur Marein. Keduanya telah mendapatkan ketetapan lulus fit and proper test oleh Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Kemudian, dalam RUPST juga menyetujui memberhentikan Nasir Ilmullah sebagai komisaris.


sumber: investor daily