Press Release RUPS Tahunan Tahun Buku 2019 PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. 12 Agustus 2020

UPSTAHUNANTAHUNBUKU2019PTMASKAPAIREASURANSIINDONESIATBK12AGUSTUS2020

Jakarta – PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (“Perseroan”) pada Rabu, 12 Agustus 2020 mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019. Mengingat kondisi pandemi virus Covid-19 dengan risiko berkelanjutan dan sesuai dengan ketentuan POJK No. 15/POJK.04/2020, Perseroan melakukan RUPST secara elektronik, sehingga yang hadir secara fisik di kantor Perseroan adalah perwakilan Komisaris, perwakilan Direksi, perwakilan Biro Adminsitrasi Efek, Notaris dan sejumlah Pemegang Saham. Sedangkan sisanya menggunakan platform elektronik dan tetap hadir secara virtual.

 

Dalam pemaparan kinerja Perseroan, Bapak Yanto Jayadi Wibisono mengumumkan kinerja positif pada tahun 2019, dimana laba tahun berjalan Marein meningkat 27,3% menjadi Rp179,3 miliar dibandingkan periode tahun lalu.

 

Sepanjang tahun 2019, beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja Marein adalah kondisi perekonomian global dan nasional yang masih belum membaik. Namun di tengah tantangan tersebut, Dewan Komisaris memandang Direksi telah menunjukkan kemampuan yang maksimal, terlihat dengan meningkatnya pendapatan premi sebesar 23,5% dibandingkan tahun lalu, menjadi Rp2,7 Triliun.

 

“Selain peningkatan pada laba tahun berjalan dan pendapatan premi, dibandingkan tahun 2018 hasil investasi Perseroan pun meningkat menjadi Rp129,3 miliar atau 56,0% di tahun 2019 ini”, ujar Yanto Jayadi Wibisono. Tak hanya itu, hasil performa yang baik tersebut membuat Perseroan berhasil menerima penghargaan “Best Overall Reasuransi 2020” dari Infobank. Perseroan juga mempertahankan peringkat yang diberikan Fitch Ratings, yaitu BB+ untuk skala internasional dan AA- untuk skala nasional.

 

Selain pemaparan kinerja Perseroan dan agenda lainnya, RUPST juga memutuskan adanya perubahan Pengurus Perseroan.

 

Berdasarkan RUPST 12 Agustus 2020 menjadi sebagai berikut:

Presiden Komisaris                                         : Robby Loho

Komisaris Independen                                   : Sarkoro Handajani

Komisaris                                                        : Sutadi

 

Presiden Direktur                                           : Yanto Jayadi Wibisono

Direktur/Direktur Independen                       : Trinita Situmeang

Direktur                                                          : Fanra Budiman Arief

Direktur Kepatuhan                                       : Tamara Arista Salim

 

 

Yanto mengungkapkan, “Walaupun situasi tahun 2020 semakin sulit dengan adanya ancaman pandemi Covid-19 dan kondisi perekonomian yang tidak menentu, diharapkan kesadaran masyarakat kian meningkat untuk memiliki asuransi dan kemudahan  dalam penggunaan teknologi dapat membuat industri perasuransian memiliki peluang untuk dapat berkembang. Selain itu, dengan adanya perubahan pengurus Perseroan dan kebijakan strategis Perseroan yang telah dan akan diterapkan, diharapkan Marein dapat terus memberikan kinerja yang optimal.

 

***

Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Corporate Secretary

PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk.

Plaza Marein Lantai 18

Jl. Jend. Sudirman Kav.76-78

Jakarta 12910

www.marein-re.com

Email: cosec@marein-re.com

Telp  : +62 21 57936588

 

Tentang PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk.

PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (Marein) didirikan pada 4 Juni 1953, Marein merupakan perusahaan reasuransi pertama di Indonesia dan terdaftar sebagai satu-satunya perusahaan reasuransi terbuka yang mencatatkan sahamnya di Pasar Bursa Efek Indonesia (IDX) pada 1989. Marein menjalankan bisnis di segmen reasuransi jiwa dan umum. Perusahaan juga memiliki unit usaha syariah untuk memberikan pelayanan segmen reasuransi syariah.