BMKG Mensosialisasikan Potensi Gempa Bumi dan Mitigasi Bencana Kepada Marein

Selasa (28/08) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan Kegiatan Sosialisasi Potensi Bencana Gempa Bumi Jakarta dan Mitigasi Bencana kepada karyawan PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (Marein). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pemberian layanan informasi gempa bumi dan tsunami kepada masyarakat. Terlebih lagi, banyak pelajaran yang dapat diambil dari kejadian gempa Juli lalu di Lombok dan sekitarnya yang banyak merenggut banyak korban jiwa maupun material.  


Mengingat Provinsi DKI Jakarta termasuk kedalam wilayah yang rawan terhadap gempa bumi, maka kegiatan ini merupakan langkah penting untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi gempa bumi yang bisa datang tiba-tiba. Adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman karyawan sebagai para penghuni gedung Plaza Marein mengenai gempa bumi pada umumnya, serta potensi bencana Jakarta dan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi pada khususnya.


Kepala Sub Bidang Mitigasi Tsunami BMKG, Bapak Budiarta, S.Si, S.Stat, MDM, menyampaikan bahwa Provinsi DKI Jakarta dikelilingi oleh sumber-sumber gempa bumi yang mampu memicu gempa berskala besar. Rekaman sejarah juga pernah mencatat kejadian gempa bumi di sekitar DKI Jakarta dapat menyebabkan kerusakan. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak terpengaruh dengan berita hoax/isu potensi gempa bumi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, dan isu gempa susulan atau isu potensi tsunami setelah gempa. Seluruh informasi harap dikonfirmasikan kepada BMKG, dikarenakan menurut undang-undang, BMKG adalah institusi yang berhak mengeluarkan dan menyebarluaskan informasi mengenai gempa tersebut. 


Pada kesempatan tersebut, dijelaskan apa saja yang harus dilakukan saat dan sesudah gempa bumi, seperti cara melindungi diri saat gempa dan teknik melakukan evakuasi keluar gedung. Acara tersebut dihadiri juga oleh jajaran Direksi dan peserta yang berjumlah kurang lebih 100 orang karyawan.